Menjama' Shalat Karena Hujan Lebat

Minggu, 10 November 20130 komentar

Di dalam sebuah hadits disebutkan:
"Bahwa Nabi SAW pernah menjama' shalat Maghrib dan Isya pada malam turunnya hujan." (HR Bukhari)

Ibnu Abbas ra berkata:
"Rasulullah SAW pernah mengerjakan shalat Dzuhur dan Ashar serta Maghrib dan Isya dengan cara jama', bukan karena takut dan bukan pula karena perjalanan." Malik berkata, "Aku berpendapat bahwa peristiwa itu terjadi saat hari hujan lebat." (HR Bukhari dan Muslim)

Di dalam Kifayatul Akhyar disebutkan bahwa syarat mengerjakannya adalah:
1. Hujan lebat di waktu pertama.
Yang dimaksud waktu pertama adalah waktu shalat Dzuhur, dan waktu shalat Maghrib.
2. Dikerjakan di masjid (tempat ditunaikannya shalat berjama'ah)
Maksudnya, ketika huja turun dia sudah berada di masjid.

Menurut madzhab Syafi'i, melakukan jama' taqdim antara shalat Dzuhur dan Ashar, Maghrib dan Isya diperbolehkan bagi orang yang menetap (muqim), dengan syarat turunnya hujan ketika takbiratul ihram pada pelaksanaan shalat yang pertama dan masih tetap hujan pada saat membaca doa iftitah pada shalat yang kedua. Sedangkan menurut Imam Malik, boleh melakukan jama' taqdim di masjid, yaitu antara Maghrib dan Isya, baik ketika hujan (lebat) turun ataupun karena banyaknya lumpur yang menyulitkan untuk memakai sandal. Adapun menjama' shalat Dzuhur dan Ashar karena turunnya hujan adalah dimakruhkan bagi para muqimin. 

Menurut madzhab Hanbali, diperbolehkan menjama' antara shalat Maghrib dan Isya saja, karena turunnya hujan, salju, banyaknya lumpur ataupun karena cuaca yang sangat dingin.
Perlu diperhatikan bahwa keringanan ini hanya untuk orang yang mengerjakan shalat berjama'ah di masjid yang berjarak jauh dari rumahnya dan sulit ditempuh karena turunnya hujan. Sedangkan bagi orang yang tinggal di dekat masjid atau mengerjakan shalat di rumah atau berangkat ke masjid dengan menggunakan sesuatu yang dapat memayungi dirinya dari  hujan, apalagi dengan menggunakan mobil, maka tidak diperbolehkan baginya menjama' shalat.

Share this article :

Posting Komentar

 
TEMPLATE ASWAJA| Aswaja Klaten - All Rights Reserved
Supported : MADINATULIMAN.COM | Creating Website | Johny dan Mas Themes